Why Java? Buat Apa Belajar Java?

Banyak kawan gw yang bertanya, apa sih untungnya gw belajar java? Apa sih yang gw dapet dari belajar java? Kira-kira investasi waktu belajar java, menguntungkan apa engga yah?

Coba gw share apa yang gw dapet dari thread programmer java di kaskus, semoga bisa menjawab kegalauan temen-temen gw semua.

why java?

1. Java adalah bahasa pemrograman yang verbose, static dan normalnya cuma ada 1 cara untuk melakukan sesuatu.
Tidak seperti Perl yang TIMTOWTDI (There Is More Than One Way To Do It) sehingga code yang dibikin pakai Java gampang dipahami oleh orang lain yang tidak bikin code itu. Akibatnya code Java bisa dipelihara dengan mudah oleh suatu team.

2. Dukungan terhadap database dan transaksi yang sangat bagus.
Sebagai contoh Java EE dari sejak awal mendukung declarative transaction management. Ini feature penting buat enterprise yang jarang didukung platform lain.

3. Web Java berjalan dalam suatu app server.
App server ini bisa mengatur dan memonitor pemakaian resource hardware dari applikasi Java. Jadi aplikasi Java berjalan dalam suatu lingkungan yang terkelola (managed environment).

4. Language nya kaku, jadi enak buat sesuatu yang besar.
Karena ke-kaku-an ini bisa di-lihat sebagai fondasi. Name spacingnya Java bagus, portabel, enak bikin library codenya. Kekakuan ini biasanya disebut sebagai “Strong and Static typed”. Ini yang membuat compiler bisa membantu pengecekan kode developer. Jadi salah dikit-dikit error. (kalo PHP, ada salah juga gak tahu si developernya )

5. Java Stable dan robust.
Enterprise butuh sesuatu yang stabil dan handal dimana aplikasi-nya bisa jalan bertahun-tahun.

6. Scalable.
Aplikasi Java dapat dengan mudah di-scale horizontal maupun vertical. Ini sangat penting apabila bisnis yang super sibuk ingin menambah resource mesin ke apps yang sudah jalan. Dan di Java horizontal-vertical scalabity memang benar-benar mudah.

7. Open and Liberal.
Ini sangat penting apabila ada masalah dengan bahasa pemrograman, kita bisa tau dimana permasalahannya dan buka source code-nya, terus kita benerin sendiri. Ya memang gampang sih kalau ada masalah kita bisa telpon vendor-nya. Tapi dalam situasi kritis kadang kita perlu buka dan oprek sendiri. Sedangkan bahasa2 tertutup seperti VB dan Delphi hal seperti itu sangat menyulitkan ketika ada masalah dengan bahasa-nya. Itu makanya di Java ada banyak framework2, karena semua-nya terbuka.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10402662

Mungkin ada kawan-kawan gw yang lain yang bersedia untuk menambahkan?

Google+

No Comments

Leave a Comment

Please be polite. We appreciate that.
Your email address will not be published and required fields are marked


:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)